PROFIL
PERUSAHAAN

SEKILAS TENTANG
UNITED TRACTORS

United Tractors (UT/Perusahaan) adalah distributor peralatan berat terbesar dan terkemuka di Indonesia yang menyediakan produk-produk dari merek ternama dunia seperti Komatsu, UD Trucks, Scania, Bomag, Tadano, dan Komatsu Forest.

Kami adalah perusahaan dengan sejarah panjang. Didirikan pada 13 Oktober 1972, UT melaksanakan penawaran umum saham perdana di Bursa Efek Jakarta dan Bursa Efek Surabaya pada 19 September 1989 menggunakan nama PT United Tractors Tbk (UNTR), dengan PT Astra International Tbk sebagai pemegang saham mayoritas. Penawaran umum saham perdana ini menandai komitmen United Tractors untuk menjadi perusahaan kelas dunia berbasis solusi di bidang alat berat, pertambangan dan energy guna memberi manfaat bagi para pemangku kepentingan.

Saat ini jaringan distribusi kami mencakup 19 kantor cabang, 22 kantor pendukung, dan 11 kantor perwakilan di 22 provinsi di seluruh penjuru negeri. Tidak puas hanya menjadi distributor peralatan berat terbesar di Indonesia, Perusahaan juga memainkan peran aktif di bidang kontraktor pertambangan dan baru-baru ini telah memulai usaha pertambangan batu bara. UT menjalankan berbagai bisnisnya melalui tiga unit usaha yaitu Mesin Konstruksi, Kontraktor Pertambangan dan Pertambangan.

MESIN
KONSTRUKSI

Sebagai distributor tunggal Komatsu, UD Trucks, Scania, Bomag, Komatsu Forklift, Tadano, Komatsu Generator Sets dan Komatsu Forest, unit usaha Mesin Konstruksi menawarkan beragam produk untuk sektor-sektor utama di Indonesia seperti perkebunan, konstruksi, kehutanan, penanganan material, pertambangan dan transportasi. Tak hanya itu, layanan purnajual tersedia bagi semua konsumen melalui jaringan UT yang tersebar luas di seluruh penjuru nusantara.

Sebagai perusahaan yang berbasis solusi, selain menyediakan produk alat berat dan suku cadang, United Tractors secara komprehensif juga menyediakan layanan sebagai berikut:

  • Konsultasi Lapangan
  • Rekomendasi Alat Berat yang Optimal
  • Program Pemeriksaan Mesin
  • Program Pemantauan Alat Berat
  • Remanufaktur dan Rekondisi
  • Pelatihan untuk Operator dan Mekanik
  • UT Call di nomor 500 072 ( 24/7 pusat layanan pelanggan )
  • Guaranteed Product Support

KONTRAKTOR
PENAMBANGAN

Sektor pertambangan di Indonesia berkembang pesat berkat kian tingginya harga komoditas tambang seperti timah, nikel, tembaga, dan batu bara. Tak hanya itu, permintaan terhadap sumber energi utama (termasuk batu bara) dan tingginya konsumsi batu bara dalam negeri yang disebabkan oleh pesatnya pembangunan pembangkit listrik kian mendorong pertumbuhan bisnis kontraktor pertambangan.

Untuk mengoptimalkan potensi tersebut, Perusahaan membentuk unit usaha Kontraktor Pertambangan yang dikelola oleh salah satu anak perusahaan yaitu PT Pamapersada Nusantara (Pama). Didirikan pada tahun 1988, Pama menyediakan beragam layanan pertambangan kelas dunia mulai dari desain tambang, eksplorasi, ekstraksi, pengangkutan, pemuatan dan pengiriman menggunakan kapal tongkang. Beroperasi di proyek-proyek tambang batu bara berskala besar di berbagai wilayah nusantara, Pama dikenal sebagai perusahaan kontraktor pertambangan terbesar dan terkemuka di Indonesia.

PERTAMBANGAN

United Tractors kembali memasuki bisnis pertambangan batu bara pada tahun 2007 melalui PT Prima Multi Mineral (“PMM”) anak perusahaan PAMA yang berlokasi di Rantau, Kalimantan Selatan. Pada tahun 2008, Perseroan mengakuisisi PT Tuah Turangga Agung (“TTA”) yang memiliki konsesi tambang seluas 4.897 hektar terletak di Kapuas, Kalimantan Tengah. TTA mulai berproduksi secara komersial pada bulan Mei 2010. Pada tahun yang sama, United Tractors melalui TTA mengakuisisi PT Agung Bara Prima (“ABP”).

Saat ini United Tractors memiliki 9 konsesi tambang di Indonesia, termasuk PMM, TTA, ABP, PT Bukit Enim Energi (“BEE”), PT Asmin Bara Bronang (“ABB”), PT Asmin Bara Jaan (“ABJ”), PT Duta Sejahtera (“DS”), PT Duta Nurcahya (“DN”) dan PT Piranti Jaya Utama (“PJU”), dengan total estimasi cadangan batu bara sebanyak 409 juta ton (combined reserve) terdiri dari batu bara dengan kualitas menengah dan kualitas tinggi.