Pasaman, Sumatera Barat, 09 November 2022 – United Tractors (UT) Group dan Astra International terus berkomitmen untuk memberikan kontribusi nyata bagi bangsa, khususnya kesejahteraan dan keberlanjutan masyarakat Indonesia di seluruh wilayah. Salah satu kontribusi nyata yang dilakukan yakni penyerahan bantuan 10 unit hunian sementara (huntara) dan instalasi air bersih bagi masyarakat terdampak pasca bencana gempa bumi di Pasaman, Sumatera Barat.

Dalam kesempatan ini, Executive serta Management UT dan Astra International, Himawan Sutanto dan Muslich, bersama perwakilan Astra Group di wilayah Sumatera Barat hadir untuk serah terima secara langsung kepada Wakil Bupati Pasaman, Sabar As, A.Ag, M.Si. di Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat.

Kontribusi sosial ini dimulai sejak bulan Maret 2022 yang dilakukan dalam beberapa tahap. Tahap pertama yaitu masa tanggap darurat bencana, UT Group menyalurkan bantuan berupa pelayanan kesehatan, tenda darurat, dan sembako. Pada tahap kedua, UT Group membangun hunian bagi para masyarakat terdampak sebanyak 10 unit. Hal ini dilakukan dalam rangka percepatan proses rehabilitasi di Pasamanan pasca bencana gempa bumi.

“Penyerahan 10 unit huntara ini merupakan bagian dari program CSR UT yang bertujuan untuk percepatan rehabilitasi masyarakat terdampak, untuk membantu pengadaan tempat tinggal yang lebih layak,” ujar CSR manajer UT, Himawan Sutanto.

Pembangunan 10 unit huntara dimulai sejak Juni hingga Oktober 2022 yang difokuskan di Desa Melampah, Kecamatan Tigo Nagari, Kabupaten Pasaman. UT Group berharap agar bantuan yang telah diberikan dapat menjadi manfaat bagi masyarakat dan Pasaman dapat segera pulih seperti sedia kala.

Komitmen UT dalam pembangunan dan kesejahteraan masyarakat ini merupakan bentuk kontribusi keberlanjutan perusahaan melalui implementasi ESG (Environmental, Social dan Governance). Hal tersebut sesuai dengan tujuan perusahaan dalam menciptakan nilai tambah bagi pemangku kepentingan dan masyarakat Indonesia.

“Bencana gempa bumi yang telah terjadi merupakan kejadian yang menyayat hati, banyak saudara kita yang kehilangan tempat tinggal. Kami mengucapkan terima kasih banyak kepada para donatur, diantaranya UT dan Astra yang telah berkontribusi dalam pembangunan 10 unit huntara dan 3 instalasi air bersih. Semoga kolaborasi ini memberikan kebermanfaatan yang berkelanjutan bagi masyarakat,” ujar Wakil Bupati Pasaman, Sabar AS, S.Ag, M.Si.

Kegiatan kemanusiaan di Pasaman diinisiasi oleh perusahaan yang tergabung dalam UT Group, yaitu UT sendiri, PT Pamapersada Nusantara (PAMA), PT Tuah Turangga Agung (TTA), PT Kalimantan Prima Persada (KPP), PT Bina Pertiwi (BP), PT Universal Tekno Rekayasa (UTR), PT Komatsu Remanufacturing Asia (KRA), PT United Tractors Pandu Engineering (UTE), PT Acset Indonusa Tbk (ACSET) dan PT Traktor Nusantara (TN), bersama Astra International (AI).

Sekilas Tentang United Tractors

PT United Tractors Tbk (UT) yang dikenal sebagai distributor alat berat terbesar di Indonesia telah berdiri sejak tahun 1972. Saat ini UT telah berkembang dan memiliki enam pilar bisnis, yaitu Mesin Konstruksi, Kontraktor Penambangan, Pertambangan Batubara, Pertambangan Emas, Industri Konstruksi dan Energi. Sebagai kontribusi UT terhadap pencapaian sasaran Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), UT secara konsisten melaksanakan kegiatan-kegiatan yang menjunjung tinggi keberlanjutan.

ESG United Tractors

Sebagai perusahaan alat berat, pertambangan, dan energi berkelas dunia dengan pengalaman lebih dari 50 tahun di Indonesia, United Tractors berkomitmen untuk menghadirkan masa depan yang berkelanjutan bagi indonesia melalui penerapan prinsip ESG yang efektif dengan memperhatikan lingkungan, berdampak baik bagi sosial masyarakat, serta menjunjung tata kelola perusahaan yang baik pada seluruh level operasi bisnisnya, serta mengoptimalkan kompetensi, keahlian, dan aset strategis yang dimiliki untuk menghadirkan nilai tambah bagi seluruh pemangku kepentingan dan masyarakat Indonesia.

Untuk keterangan lebih lanjut, silahkan menghubungi:

 

Sara K. Loebis

Head of Corporate Communication Division

PT United Tractors Tbk

Email     : ir@unitedtractors.com

Alamat  : Jl. Raya Bekasi Km.22 Cakung, Jakarta Timur 13910

Telp.      : (62-21) 3511961, Fax : (62-21) 3441413

Medsos : IG (@unitedtractorsofficial & @ceritadiut)

Website: www.unitedtractors.com