Seremoni penyerahan bantuan 100 unit hunian sementara oleh Direktur UT – Iwan Hadiantoro (kiri), Komisaris UT – Djoko Pranoto (kedua kiri), Bupati Lumajang – Thoriqul Haq (tengah), Direktur UT – Edhie Sarwono (kanan).

Lumajang – 7 Juli 2022

United Tractors terus berkomitmen untuk memberikan kontribusi nyata bagi perkembangan bangsa, khususnya kesejahteraan dan keberlanjutan masyarakat Indonesia di seluruh wilayah operasi perusahaan. Salah satu kontribusi nyata yang dilakukan yakni penyerahan bantuan 100 unit hunian sementara bagi masyarakat terdampak bencana erupsi Gunung Semeru.

Dalam kesempatan ini, Komisaris PT United Tractors Tbk (UT), Djoko Pranoto, bersama jajaran Direksi dan manajemen UT Group hadir untuk memberikan serah terima secara langsung berupa bantuan fasilitas hunian sementara (huntara) bagi masyarakat terdampak bencana Erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Kegiatan ini dimulai sejak 6 Desember 2021 dan dilakukan dalam beberapa fase. Fase pertama yaitu fase tanggap darurat bencana, UT Group menyalurkan bantuan berupa pakaian layak pakai, sembako, obat-obatan, terpal dan juga selimut, serta membangun posko kesehatan dan dapur umum. Selain itu UT Group juga mendatangkan lima unit alat berat berupa excavator, dan single drum rollers untuk membantu proses evakuasi korban, land clearing, dan proses pemadatan material (tanah, pasir, batu) dalam konstruksi jalan.

Pada fase kedua UT Group membangun sarana sekolah darurat di beberapa titik, fasilitas MCK di dua titik, serta membangun tempat tinggal bagi para korban dengan sistem hunian sementara sebanyak 100 unit. Tahap ini dilakukan dalam rangka membantu mempercepat proses rehabilitasi di Lumajang pasca erupsi Gunung Semeru.

“Penyerahan 100 unit huntara ini merupakan bagian dari program CSR UT di bidang kebencanaan yang bertujuan untuk mewujudkan komitmen kami dalam meningkatkan dan mengembangkan kapasitas masyarakat terdampak bencana Erupsi Gunung Semeru agar menjadi lebih waspada, sigap, dan tanggap akan bencana,”Direktur United Tractors, Iwan Hadiantoro.

Pembangunan 100 unit huntara dimulai sejak Februari hingga Juni 2022 yang difokuskan di Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang. UT Group berharap agar bantuan yang telah diberikan dapat menjadi manfaat bagi masyarakat dan Lumajang dapat segera pulih seperti sedia kala.

Komitmen United Tractors dalam pembangunan dan kesejahteraan masyarakat ini merupakan bentuk bisnis berkelanjutan perusahaan untuk mengedepankan implementasi ESG. Tujuan perusahaan merupakan kontribusi nyata untuk terciptanya nilai tambah bagi pemangku kepentingan dan masyarakat Indonesia.

“United Tractors secara sadar mengetahui pentingnya implementasi ESG, karena tujuan perusahaan untuk bergerak bersama-sama tertuang dalam prinsip kami Moving as One. Sehingga UT berkomitmen untuk dapat hadir sebagai perusahaan yang mewujudkan bisnis berkelanjutan,” ujar Komisaris PT United Tractors Tbk, Djoko Pranoto.

Kegiatan kemanusiaan di Lumajang diinisiasi oleh perusahaan yang tergabung dalam UT Group, yaitu UT sendiri, PT Pamapersada Nusantara (PAMA), PT Tuah Turangga Agung (TTA), PT Kalimantan Prima Persada (KPP), PT Bina Pertiwi (BP), PT Universal Tekno Reksajaya (UTR), PT Komatsu Remanufacturing Asia (KRA), PT Andalan Multi Kencana (AMK), PT United Tractors Pandu Engineering (UTE), PT Acset Indonusa Tbk (ACSET) dan PT Traktor Nusantara (TN).

Tentang PT United Tractors Tbk
PT United Tractors Tbk merupakan anak perusahaan dari PT Astra International Tbk yang merupakan distributor alat berat terkemuka dan terbesar di Indonesia, yang juga bergerak di bidang kontraktor penambangan, pertambangan, dan industri konstruksi. Perseroan juga memperluas dan mengeksplorasi peluang bisnis di sektor energi, salah satunya dengan berpartisipasi dalam proyek pembangkit listrik.

ESG United Tractors
Sebagai perusahaan alat berat, pertambangan, dan energi berkelas dunia dengan pengalaman lebih dari 50 tahun di Indonesia, United Tractors berkomitmen untuk menghadirkan masa depan yang berkelanjutan bagi Indonesia melalui penerapan prinsip ESG yang efektif dengan memperhatikan lingkungan, berdampak baik bagi sosial masyarakat, serta menjunjung tata kelola perusahaan yang baik pada seluruh level operasi bisnisnya, serta mengoptimalkan kompetensi, keahlian, dan aset strategis yang dimiliki untuk menghadirkan nilai tambah bagi seluruh pemangku kepentingan dan masyarakat Indonesia.

Untuk keterangan lebih lanjut, silahkan menghubungi:
Sara K. Loebis
Head of Corporate Communication Division
PT United Tractors Tbk
Email : ir@unitedtractors.com
Alamat : Jl. Raya Bekasi Km.22 Cakung, Jakarta Timur 13910
Telp. : (62-21) 3511961, Fax : (62-21) 3441413