Perwakilan dari pelajar MTs Umdatur Rasikhien dan warga RW 09, Kelurahan Cakung Barat, mengikuti kegiatan Simulasi Kebencanaan yang diselenggarakan oleh United Tractors bekerjasama dengan BPBD DKI Jakarta, Suku Dinas Pemadam Kebakaran Kota Jakarta Timur dan Human Initiative.

Jakarta, 31 Juli 2022 –┬áDKI Jakarta merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang rawan akan bencana. Menurut data dan informasi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, pada Juni 2022 sudah terjadi 17 kasus banjir dan 45 kasus kebakaran. Merespon situasi tersebut, United Tractors (UT) mengadakan kegiatan Simulasi Kebencanaan area operasional ring 1 di Kelurahan Cakung Barat, Kecamatan Cakung.

Kegiatan simulasi kebencanaan ini merupakan bagian dari program CSR Kebencanaan UT yang berkolaborasi dengan program Kampung Tangguh Jaya hasil inisiasi oleh Departemen Security UT. Simulasi yang dilaksanakan adalah simulasi bencana banjir dan kebakaran, mengingat daerah ring 1 UT HO itu rawan terhadap kedua jenis bencana tersebut.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan edukasi terkait kebencanaan agar masyarakat memiliki kemampuan mandiri untuk lebih siap menghadapi potensi ancaman bencana, meningkatkan kemampuan untuk beradaptasi di tengah bencana, serta mampu memulihkan diri dengan segera dari dampak-dampak bencana yang merugikan.

Dalam acara ini, UT berkolaborasi dengan BPBD DKI Jakarta, Suku Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Timur, dan Human Initiative. Kegiatan ini diikuti oleh 58 peserta yang terdiri dari pelajar sekolah dan warga RW 09, Kelurahan Cakung Barat.

Kegiatan simulasi bencana banjir dan kebakaran oleh peserta dan instruktur.

“Simulasi kebencanaan ini akan menjadi kegiatan rutin yang akan dilaksanakan oleh UT dalam rangka mendukung masyarakat dan desa tangguh bencana, serta menjadi momentum bagi kita semua untuk lebih sadar akan kerentanan bencana di lingkungan kita bersama,” ujar CSR Manager United Tractors, Himawan Sutanto.

Sejalan dengan penerapan aspek Environment, Social, dan Governance (ESG) di perusahaan, UT terus berkomitmen untuk memberikan kontribusi terbaiknya guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan membantu masyarakat sekitar khususnya dalam bidang kebencanaan.

Saat ini, UT terus memperkuat implementasi ESG perusahaan untuk menuju bisnis yang berkelanjutan sehingga memberikan dampak baik bagi lingkungan.

UT memiliki sejumlah program untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan juga lingkungan melalui sejumlah program CSR UT, di antaranya UTFUTURE, UTGROWTH, UTCARE, dan UTRESS.

United Tractors senantiasa berkomitmen untuk berkontribusi kepada kesejahteraan dan keberlanjutan masyarakat Indonesia di seluruh wilayah operasinya.